Post Bawaslu

Bawaslu Sidoarjo Berikan Sosialisasi “Pemilihan Umum Sebagai Sarana Kedaulatan Rakyat”

Salah satu bentuk dan strategi pencegahan ialah sosialisasi. Sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan pencerahan dan pencerdasan (edukasi) kepada masyarakat tentang Pemilu dan Pengawasan Pemilu. Dalam peningkatan partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan Pemilu Tahun 2024, Bawaslu Kabupaten Sidoarjo bersama dengan KPU Kabupaten Sidoarjo memberikan pendidikan politik kepada karyawan rumah sakit.

Kegiatan ini diselenggarakan pada Senin, 10 Oktober 2022 yang bertempat di Ruang Rapat RS. Rahman Rahim, Kecamatan Sukodono. Pada kegiatan tersebut turut hadir Fauzan Adim (Anggota KPU Kabupaten Sidoarjo) dan Drs. Mohammad Rasul (Anggota Bawaslu Kabupaten Sidoarjo). Pada kegiatan tersebut, Bawaslu dan KPU Kabupaten Sidoarjo mengajak masyarakat untuk ikut aktif dalam pesta demokrasi 2024 mendatang. Dengan adanya kegiatan tersebut, diharap masyarakat khususnya karyawan rumah sakit dapat datang ke TPS untuk menyampaikan hak politiknya di tanggal 14 Februari 2024 yang akan datang.

Mohamamd Rasul memaparkan tentang  informasi penting Pemilu Serentak 2024 mulai dari regulasi hingga tahapan-tahapan Pemilu. Beliau juga menjabarkan tentang peran, tugas, dan wewenang Bawaslu dalam hal pencegahan, pengawasan dan penindakan terhadap pelanggaran-pelanggaran dalam Pemilu/Pemilihan.

Jenis pelanggaran ini dikelompokkan menjadi pelanggaran kode etik, pelanggaran administratif Pemilu, pelanggaran tindak pidana Pemilu dan pelanggaran lainnya seperti netralitas ASN/Polri/TNI.

Bawaslu Sidoarjo
Badan Pengawas Pemilihan Umum adalah Lembaga yang betugas dalam melakukan Pengawasan pada setiap Tahapan Pemilihan Umum Di Indonesia
https://sidoarjo.bawaslu.go.id

Tinggalkan Balasan