Lompat ke isi utama

Berita

BAWASLU SIDOARJO LAKUKAN KUNJUNGAN KE PENGADILAN NEGERI (PN) SIDOARJO DALAM RANGKA PENGUATAN KELEMBAGAAN DAN SINERGITAS ANTAR LEMBAGA

#SahabatBawaslu Ketua dan Anggota Bawaslu Sidoarjo melakukan silaturahmi dengan PN Sidoarjo pada Selasa, 17 Oktober 2023 di Kantor PN Sidoarjo. Kedatangan Bawaslu Sidoarjo ini disambut hangat oleh Ketua PN Sidoarjo, H. Winarno, S.H, M.H., dan jajarannya.

Ketua Bawaslu Sidoarjo, Agung Nugraha, menyampaikan maksud dan tujuan kunjungan Bawaslu Sidoarjo pada kesempatan ini adalah dalam rangka menyambung silaturahmi dan memperkuat sinergitas menjelang Pemilu 2024. Dalam kunjungan ini, Agung Nugraha menyampaikan bahwa Bawaslu saat ini sedang berusaha melakukan manajemen konflik dengan giat melakukan upaya pencegahan agar ke depannya mengurangi potensi-potensi konflik yang ada. Selain itu, Bawaslu Sidoarjo ingin melakukan kolaborasi dengan PN Sidoarjo dalam pengembangan kualitas SDM di Bawaslu Kabupaten Sidoarjo, utamanya dalam hal penanganan pelanggaran dan penyelesaian sengketa.

Terkait hal pengembangan SDM tersebut, Ketua PN Sidoarjo, H. Winarno, menyampaikan bahwa PN Sidoarjo membuka ruang seluas-luasnya kepada Bawaslu Kabupaten Sidoarjo apabila ingin melakukan study banding dalam proses penanganan pelanggaran dan penyelesaian sengketa proses pemilu. Namun perlu diperhatikan bahwa prosedur penanganan pelanggaran dan penyelesaian sengketa telah diatur dalam ketentuan masing-masing lembaga, dimana proses beracara di PN Sidoarjo telah diatur dalam Perma, begitupun dengan proses penanganan pelanggaran dan penyelesaian sengketa proses pemilu telah diatur dalam Perbawaslu. Pada kesempatan ini pula, H. Winarno menyampaikan bahwa dalam menyongsong Pemilu 2024 PN Sidoarjo berkomitmen untuk menjaga netralitas di antara jajarannya.

#AyoAwasiBersama
#PemiluSerentak2024

Tag
Post Bawaslu