Lompat ke isi utama

Berita

BAWASLU SIDOARJO MENJADI NARASUMBER DALAM SEMINAR PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DI SMP PLUS SABILUR ROSYAD SIDOARJO

#SahabatBawaslu Bawaslu Sidoarjo menjadi narasumber dalam seminar projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) di SMP Plus Sabilur Rosyad, Sidoarjo pada tanggal 17 Oktober 2023. Dalam Seminar ini, Ketua Bawaslu Sidoarjo, Agung Nugraha, memberikan pendidikan dasar Pemilu kepada siswa-siswi kelas 7 dan kelas 9 SMP Plus Sabilur Rosyad.

Dalam sambutannya, Kepala Sekolah SMP Plus Sabilur Rosyad, H. Moh. Mahsun, S.Ag., menilai pendidikan politik terkait pemilu pada anak-anak usia dini penting, karena anak-anak sangat rentan menjadi korban hoaks dan akan sangat berbahaya di kemudian hari. Mengetahui dasar pemilu diharapkan menumbuhkan dan membangun kesadaran politik sedari dini dan mengurangi kerawanan bagi anak-anak ini.

Ketua Bawaslu Sidoarjo, Agung Nugraha, menilai positif kegiatan ini. Menurutnya, meskipun para siswa saat ini belum memiliki hak pilih pada pemilu tahun depan, namun pendidikan dasar pemilu penting untuk menumbuhkan dan membangun kesadaran politik. Agung Nugraha menambahkan bahwa di lembaga pendidikan, kampanye tidak dilarang total. Kampanye di lembaga pendidikan hanya melarang adanya pemasangan alat peraga dan antribut kampanye. Selanjutnya Agung Nugraha menyampaikan bahwa integritas pemilu dan pemilu berintegritas dapat tercapai apabila unsur komunikasi, koordinasi, kolaborasi, konsolidasi berhasil dijalankan secara optimal. Untuk mewujudkan hal tersebut perlu dukungan masyarakat dan juga informasi dari media terkait potret-potret pelanggaran yang tidak dapat dijangkau Bawaslu.

#AyoAwasiBersama
#PemiluSerentak2024
#PendidikanPolitik

Tag
Post Bawaslu