Lompat ke isi utama

Berita

BAWASLU SIDOARJO BUAT STRATEGI PEMETAAN WILAYAH KONFLIK PASCA PENGUMUMAN DCS

[19/09/2023]

#SahabatBawaslu, Kesekian kalinya, Bawaslu Sidoarjo lakukan pembinaan dan evaluasi pengawasan dalam rangka peningkatan kapasitas panwaslu kecamatan se KabupatenSidoarjo. Anggota Bawaslu Sidoarjo Adinda Masita Dewi saat memimpin sesi pembuka menyampaikan tujuan dari rapat tersebut adalah melaksanakan program dari Bawaslu Provinsi Jawa Timur tentang Pengawasan Pasca Tahapan Pengumuman Daftar Calon Sementara (DCS) dan Pembinaan kapasitas panwaslu Kecamatan se Kabupaten Sidoarjo tentang pelaporan hasil pengawasan.

Untuk memaksimalkan hasil pembinaan, Adinda membagi kegiatan ini menjadi 2 (dua) zona, tiap zona di ikuti oleh setengah dari jumlah kecamatan yang ada di Sidoarjo. Pada zona pertama dilaksanakan pada tanggal 18 September 2023 di kantor Panwaslu Kecamatan Sukodono, pesertanya dari Panwaslu Kecamatan Buduran, Candi, Gedangan, Taman, Tanggulangin, Waru, Wonoayu, Krian dan Sidoarjo. Sedangkan di zona kedua tanggal 19 September 2023 di kantor Panwaslu Kecamatan Sidoarjo, pesertanya dari Panwaslu Balongbendo, Sedati, Sukodono, Prambon, Jabon, Porong, Tarik, Tulangan dan Krembung.

Adinda yang juga Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa menjelaskan bahwa Pasca Tahapan Pengumuman DCS perlu dilakukan pemetaan dan pencermatan dari pengawas pemilu guna menentukan potensi konflik di tiap wilayah, serta perlu di bangun partisipasi masyarakat dalam menilai bakal calon yang akan berkontestasi dalam pemilu 2024 mendatang.

Lanjut Adinda, Sebagai pengawas pemilu, beberapa hal yang harus dilakukan dari pencermatan lebih lanjut adalah terkait pekerjaan dan alamat. Misalnya, apabila ditemukan Pekerjaan Bacaleg sebagai TNI/Polri, ASN, Kepala Desa dan atau yang bersumber dari pembiayaan Negara, juga yang berstatus Mantan Narapidana maka perlu dilakukan penelusuran lebih lanjut. Selain itu jika ditemukan alamat tempat tinggal bacaleg tidak sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) juga perlu dilakukan penelusuran lebih lanjut guna memastikan kesesuaiannya secara administrasi kependudukan.

#DPTBPemilu2024 #DCSPemilu2024 #AyoAwasiBersama #PemiluSerentak2024

Tag
Post Bawaslu