Lompat ke isi utama

Berita

BAWASLU SIDOARJO HIMBAU PARTAI POLITIK UNTUK TIDAK BERKAMPANYE SEBELUM TAHAPAN KAMPANYE DIMULAI PADA RAPAT KOORDINASI OPERASI MANTAP BRATA SEMERU 2023/2024

[12 Oktober 2023]
Dalam Upaya Pengamanan Pemilu 2024, Polres Sidoarjo menggelar rapat koordinasi kesiapan penyelenggaraan Operasi Mantap Brata Semeru 2023/2024 pada Kamis, 12 Oktober 2023 di Polresta Sidoarjo. Rapat ini dihadiri oleh Wakil Bupati Sidoarjo, Kapolres Sidoarjo, Dandim 0816 Sidoarjo, Ketua KPU Sidoarjo, Ketua Bawaslu Sidoarjo, Ketua DPRD Sidoarjo, Kasatpol PP Sidoarjo, Kepala Bekesbangpol Sidoarjo, Ketua dan Pengurus Partai Politik, Ketua pengurus forum kerukunan umat beragama (FKUB) dan Ketua Pengadilan Negeri Sidoarjo.

Kapolres Sidoarjo, Kombes. Pol.Kusumo Wahyu Bintoro, dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam menyongsong Pemilu 2024 tantangan lebih berat terutama kerawanan di dunia maya dimana muncul perang informasi, perang survey, politik identitas, black campaign dan hoax yang ke depannya akan semakin masif dan perlu diantisipasi. Berikutnya Kapolres Sidoarjo juga memastikan netralitas dalam jajarannya. Selain itu, Kapolres Sidoarjo meminta agar antar lembaga terus aktif berkomunikasi dan bertukar informasi untuk menciptakan sinergitas.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Bawaslu Sidoarjo, Agung Nugraha, mengingatkan kepada seluruh peserta pemilu bahwa saat ini belum masuk pada tahapan kampanye, namun dalam pengamatannya banyak yang sudah mencuri start dengan melakukan kampanye dalam bentuk pemasangan reklame yang memuat alat peraga dan terdapat gambar paku yang dicoblos, ini dapat diartikan sebagai ajakan dan merupakan pelanggaran. Agung Nugraha juga menyampaikan, pada tahapan ini yang diperbolehkan oleh peserta pemilu adalah sosialisasi yang hanya mencantumkan pemasangan bendera dan pertemuan terbatas yang wajib disampaikan surat pemberitahuannya kepada Bawaslu. Agung Nugraha juga mengingatkan bahwa Pemilu bukan hanya panggung penyelenggara Pemilu saja, tapi panggung bagi rakyat Indonesia dalam mewujudkan sistem pemerintahan negara yang berkedaulatan rakyat. Dan untuk menjaga ketertiban dan situasi dalam setiap tahapan pemilu, membutuhkan kerja sama dan sinergitas antar lembaga.

Acara Rapat Koordinasi ini diakhiri dengan penandatanganan deklarasi damai.

#AyoAwasiBersama
#PemiluSerentak2024

Tag
Post Bawaslu