Lompat ke isi utama

Berita

BANGUN KESEPAHAMAN DALAM TEKNIS PENGAWASAN DAN PENANGANAN PELANGGARAN, BAWASLU SIDOARJO GELAR RAPAT KOORDINASI

Rakor Teknis Penanganan Pelanggaran

#SahabatBawaslu Dalam rangka membangun kesepahaman teknis dan langkah strategis pengawasan dan penanganan pelanggaran pada tahapan Kampanye Pemilihan Umum, Bawaslu Sidoarjo gelar rapat koordinasi pada tanggal 13-14 Desember 2023 di Swiss-Belinn Hotel Airport Sidoarjo dengan Peserta berasal dari Panwaslu Kecamatan dan Panitia Pemilihan Kecamatan se-Kabupaten Sidoarjo, Polresta Sidoarjo, KNPI dan IRPD.

Moeh. Arief, Anggota Bawaslu Sidoarjo, dalam sambutan pembukaan menyampaikan bahwa tahapan kampanye sudah berjalan dengan beragam kreasi model kampanye oleh para calon oleh karenanya sebagai pengawas harus terus berkoordinasi dan terus melakukan penyesuaian terhadap model-model kampanye yang ada. Kegiatan hari ini tujuannya membekali pengawas pemilu dalam melakukan pengawasan dan menangani pelanggaran yang ada pada tahapan kampanye termasuk pelaporannya secara tepat.

Narasumber Pertama, Jamil S.H, M.H, Pegiat Pemilu dan Anggota Bawaslu Sidoarjo 2018-2023, mengingatkan kepada para peserta agar dalam pengisian form-form laporan dan atau temuan memperhatikan poin-poin yang harus tercantum, yaitu identitas para pihak, Modus-Tempus-Lokus dari peristiwa, Bukti dan Saksi, serta Deskripsi Kejadian. Ia berpesan bahwa sebagai pengawas pemilu harus memiliki keberanian dalam menegakkan aturan. Karena menurutnya menegakkan aturan dan hukum itu sama halnya dengan menegakkan kebenaran dan keadilan yang tentu akan berhadapan dengan kebatilan.

Narasumber Kedua, Poernomo S. Pringgodigdo, Pegiat Pemilu dan Anggota Bawaslu Jatim 2018-2023, menekankan beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam pengawasan dan penanganan pelanggaran pada tahapan kampanye Pemilu 2024, yaitu Penegakan hukum harus dilakukan secara tegas dan tanpa pandang bulu, Penanganan pelanggaran harus dilakukan secara cepat dan tepat, dan Penanganan pelanggaran harus dilakukan secara transparan dan akuntabel.

#AyoAwasiBersama
#PemiluSerentak2024
#BawasluSidoarjo