Lompat ke isi utama

Berita

BAWASLU SIDOARJO AJAK MASYARAKAT DAN ANAK MUDA UNTUK AKTIF MENJADI PENGAWAS PARTISIPATIF

Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu Sidoarjo, Agisma Dyah Fastari, hadir Sebagai Narasumber bersama Perwakilan dari Komisi Pemilihan Umum, Ibu Ana Azizah, di Acara Seminar Pendidikan Politik "Mewujudkan PEMILU 2024 yang Berintegritas Tanpa Money Politics" yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya pada Senin, 02 Oktober 2023 di Kantor Kelurahan Lemah Putro, Sidoarjo. Seminar ini mengundang Ibu-Ibu PKK dan masyarakat di sekitar lingkungan Kelurahan Lemah Putro, Sidoarjo.

Agisma menyambut baik dan bangga atas inisiatif dari HIMA Ilmu Politik UINSA. Ini menunjukkan bahwa Anak Muda telah memberikan perhatian lebih pada politik dan sudah menganggap bahwa pemilu dan pilkada merupakan hal penting dalam menentukan masa depan negara dan daerah. Selain itu, Agisma juga mengapresiasi kehadiran para peserta, Ibu-Ibu PKK dan masyarakat di sekitar wilayah Lemah Putro, Sidoarjo yang berkenan hadir dalam acara ini.

Dalam kesempatan ini, Agisma mengajak masyarakat dan generasi muda utamanya mahasiswa untuk dapat aktif sebagai Pengawas Partisipatif dalam pelaksanaan Tahapan Pemilu dan Pilkada di lingkungannya masing-masing. Bentuk Pengawasan Partisipatif yang dapat dilakukan antara lain melalui Pendidikan Politik seperti yang dilakukan saat ini, Pengawasan Langsung dan Pengawasan Tidak Langsung (media sosial). Pengawasan Partisipatif dari masyarakat menjadi penting karena mata, tangan, dan telinga Bawaslu tidak akan mampu menjangkau ke seluruh wilayah. Agisma menambahkan, dalam menyongsong pemilu dan pilkada 2024 selain harus mengetahui sosok yang akan dipilih, harus pula turut serta dalam pengawasan di setiap tahapan dan proses Pemilu dan Pilkada. Hal ini penting dilakukan untuk menciptakan kepercayaan, keadilan dan ketenangan bagi masyarakat dan peserta pemilu yang pada akhirnya diharapkan Pemilu dan Pilkada dapat berjalan lancar dan damai.

Tag
Post Bawaslu