Lompat ke isi utama

Berita

BAWASLU SIDOARJO HADIRI IMPLEMENTASI MODUL PENGAWASAN PEMILU PARTISIPATIF YANG DIINISIASI OLEH BAWASLU PROVINSI JAWA TIMUR DI KECAMATAN TULANGAN DAN TAMAN KABUPATEN SIDOARJO

[30 OKTOBER 2023]
#SahabatBawaslu Bawaslu Sidoarjo pada hari Jumat, 27 Oktober 2023, menghadiri implementasi modul pengawasan pemilu partisipatif yang diinisiasi oleh Bawaslu Provinsi Jawa Timur di Desa Bohar, Kecamatan Taman dan di Desa Janti, Kecamatan Tulangan, Kabupaten Sidoarjo. Para Peserta acara ini berasal dari komunitas kepemudaan di wilayah Sidoarjo, sedangkan fasilitator adalah peserta yang sebelumnya mengikuti "Training of Trainer (ToT) Modul Pengawasan Pemilu Partisipatif : Mengawal Pemilu Demokratis dan Bermartabat" yang telah diselenggarakan oleh Bawaslu Jawa Timur pada tanggal 25 s.d 27 September 2023.

Hadir membuka acara di Desa Janti, Kecamatan Tulangan, Sidoarjo, Anggota Bawaslu Jawa Timur, Eka Rahmawati. Dalam sambutannya, Eka Rahmawati menyampaikan bahwa tujuan dari acara hari ini adalah agar masyarakat terutama generasi muda dapat memahami cara pengawasan pemilu di lingkungan sekitar tempat tinggal. Ia juga berharap agar kegiatan ini dapat diteruskan kepada masyarakat luas dan berharap Peserta yang mengikuti kegiatan ini dapat menjadi sumber referensi bagi masyarakat minimal bagi keluarga masing-masing. Eka Rahmawati juga mengingatkan bahwa pada pemilu tahun 2024 terdapat lebih dari 50% pemilik suara berasal dari pemilih kelompok muda, sehingga anak muda diharapkan memiliki pengetahuan pemilu yang cukup agar tidak mudah dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang berkepentingan.

Di tempat lain, Kepala Bagian Pengawasan Bawaslu Jawa Timur, Lambok Wesley Simangungsong, di Desa Janti, Kecamatan Tulangan, Sidoarjo menyampaikan bahwa para peserta yang hadir dalam kegiatan ini masing-masing diberikan buku pedoman "Mengawal Pemilu Demokratis dan Bermartabat" berisi cara bagaimana mengawasi, menangani pelanggaran dan bagaimana mengawal jalannya pemilu. Ia berharap anak-anak muda dapat berperan melakukan pengawasan-pengawasan partisipatif agar Pemilu dapat berjalan Demokratis dan Bermartabat.

Dalam implementasi modul pengawasan pemilu partisipatif ini, beberapa topik yang dibahas antara lain terkait mencegah politik uang atau money politic dan Bahaya Politisasi SARA. Politik Uang adalah suatu upaya mempengaruhi perilaku masyarakat/pemilih menggunakan imbalan materi untuk mempengaruhi suara pemilih (voters) dengan konsepsi bahwa materi tersebut dapat mengubah keputusan dan dijadikan sebagai wadah penggerak perubahan. Sedangkan SARA adalah berbagai pandangan dan tindakan yang didasarkan pada sentimen identitas yang menyangkut suku, agama, ras dan antar golongan. Bentuknya bermacam-macam dapat berupa tindakan kekerasan, tendensi, ujaran kebencian ataupun tindakan diskriminatif lainnya.

#AyoAwasiBersama
#PemiluSerentak2024
#BawasluSidoarjo

Tag
Post Bawaslu