Lompat ke isi utama

Berita

BAWASLU SIDOARJO MENYELENGGARAKAN PENDIDIKAN PENGAWAS PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM RANGKA PENGUATAN PARTISIPASI MASYARAKAT PADA PEMILU 2024

TRAINING OF TRAINERS: PENDIDIKAN PENGAWAS PARTISIPASI MASYARAKAT

#SahabatBawaslu Dalam rangka penguatan partisipasi masyarakat dan pemilih muda pada pengawasan pemilihan umum 2024, Bawaslu Sidoarjo menyelenggarakan kegiatan “Pendidikan Pengawas Partisipasi Masyarakat: Mengawal Pemilu Demokratis dan Bermartabat pada Tahapan Pengawasan Pengadaan dan Pendistribusian Perlengkapan Pemungutan Suara, Dukungan Perlengkapan Lainnya, dan Perlengkapan Pemungutan Suara Lainnya dalam Pemilihan Umum”. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 15-17 November 2023 di Favehotel Sidoarjo dengan peserta terdiri dari Karang Taruna Kecamatan se-Kabupaten Sidoarjo, Kader SKPP Sidoarjo dan perwakilan organisasi kepemudaan di Sidoarjo.

Hadir membuka pelaksanaan kegiatan ini, Koordinator Divisi Humas, Data dan Informasi sekaligus Anggota Bawaslu Provinsi Jawa Timur, Dwi Endah Prasetyowati. Dalam sambutan pembukaan ia menyampaikan bahwa generasi muda dan masyarakat pada umumnya memiliki peranan penting dalam pengawasan penyelenggaraan Pemilu. Karena personil Bawaslu terbatas, maka membutuhkan masyarakat untuk menjadi mata dan mulut tambahan bagi bawaslu dalam pengawasan. Dwi Endah juga mengajak para peserta yang berasal dari pemilih muda untuk menjadi mitra bawaslu dan aktif dalam pengawasan pemilu di setiap tahapan agar pemilu berjalan bermartabat dan penuh dengan keadilan.

Rangkaian acara selanjutnya dipandu oleh fasilitator-fasilitator yang sebelumnya telah mengikuti “Training of Trainer (ToT) Modul Pengawasan Pemilu Partisipatif : Mengawal Pemilu Demokratis dan Bermartabat” yang telah diselenggarakan oleh Bawaslu Jawa Timur pada tanggal 25 s.d 27 September 2023. Beberapa materi yang disampaikan oleh Narasumber yang berasal dari Komisioner Bawaslu Sidoarjo, antara lain memahami kampanye pemilu dan Pelanggaran Pemilu, Mencegah Politik Uang, Netralitas ASN dalam Pemilu dan Pilkada, serta mencegah Hoax dan disinformasi pemilu di ruang digital.

Selain pembekalan materi, para peserta juga diajak menyelesaikan studi kasus dan juga bermain peran (roleplay) agar semakin memahami materi-materi yang disampaikan. Dari pendidikan partisipasi masyarakat ini, Bawaslu Sidoarjo berharap kepada peserta sebagai Rencana Tindak Lanjut, mereka menjadi pioner pengawas partisipatif di lingkungan dan organisasi masing-masing. Ilmu yang didapat tidak hanya berhenti pada diri pribadi, tetapi juga ditransformasikan kepada sekitar.
#PemiluSerentak2024
#PengawasanPartisipatif
#BawasluSidoarjo