Lompat ke isi utama

Berita

HARAPKAN PARTISIPASI AKTIF PENYANDANG DISABILITAS PADA PEMILU 2024, BAWASLU SIDOARJO GELAR PENDIDIKAN PEMILU INKLUSIF

Pendidikan Pemilu Inklusif bersama PPDI

#SahabatBawaslu Dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat, utamanya penyandang disabilitas dalam pengawasan tahapan logistik Pemilu 2024, Bawaslu Sidoarjo menyelenggarakan sosialisasi yang melibatkan Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kabupaten Sidoarjo Pada tanggal 10 Desember 2023 di Kantor Sekretariat PPDI Sidoarjo.

Agisma D. Fastari, Anggota Bawaslu Sidoarjo, dalam sambutan pembukaan menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat untuk penyandang disabilitas di Sidoarjo dalam Pemilu 2024. Narasumber Pertama kegiatan ini, Mohammad Afifuddin​ (Dosen Sosiologi Universitas Trunojoyo), menjelaskan bahwa KPU dan Bawaslu menjadi aktor penting dalam melakukan perlindungan dan pemenuhan hak politik penyandang disabilitas dalam pemilu. Ia juga menekankan bahwa persoalan utama terkait perlindungan dan pemenuhan hak politik penyandang disabilitas dalam pemilu bukan berada pada tataran regulasi, namun persoalan utama ada pada tataran implementasi dimana aksesbilitas tempat pemungutan suara seringkali menyulitkan penyandang disabilitas memberikan suaranya.

Narasumber Kedua, Joko Widodo, Pegiat Pemilu dari Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia Kabupaten Sidoarjo, menghimbau kepada seluruh penyandang disabilitas untuk memanfaatkan suaranya dengan baik dan menjadi pemilih cerdas, yang tahu siapa yang harus dipilih bukan karena imbalan-imbalan tertentu tetapi karena calon yang akan dipilih memiliki keberpihakan dan program yang tepat bagi penyandang disabilitas. Selain itu, ia berpesan kepada penyelenggara agar dapat menghadirkan TPS yang ramah akses bagi disabilitas untuk menunjang partisipasi penyandang disabilitas dalam memberikan suaranya.

#AyoAwasiBersama
#PemiluSerentak2024
#BawasluSidoarjo