Lompat ke isi utama

Berita

JELANG PLENO DPHP, BAWASLU SIDOARJO GELAR BIMBINGAN ALAT KERJA PENGAWASAN KEPADA PANWASCAM SE-KABUPATEN SIDOARJO

BIMBINGAN ALAT KERJA PENGAWASAN KEPADA PANWASCAM OLEH BAWASLU SIDOARJO

#SahabatBawaslu Dalam rangka Persiapan Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) Tingkat Desa/Kelurahan dan Kecamatan di Kabupaten Sidoarjo, Bawaslu Sidoarjo menyelenggarakan bimbingan teknis Alat Kerja Pengawasan Pleno DPHP yang akan berlangsung pada awal Agustus 2024. Kegiatan Berlangsung di Kantor Panwascam Buduran, 31 Juli 2024 dan dihadiri oleh Ketua Panwascam dan Kordiv serta Staf PPMHM se-Kecamatan Sidoarjo.

Dalam sambutan pembukaan kegiatan, Agisma D. Fastari, Anggota Bawaslu Sidoarjo mengapresiasi pelaksanaan Coklit yg telah selesai pada 24 Juli 2024.
“Sidoarjo terbanyak kedua pelaksanaan coklit se-Provinsi Jawa Timur.”, ucap Agisma.

Agisma kemudian menyampaikan langkap pencegahan yang perlu dilakukan Panwascam dalam sub Tahapan DPHP.
“Pertama terus tingkatkan koordinasi dengan stakeholders sesuai tingkatan untuk kelancaran tahapan Pemilihan ke depannya. Kedua, berikan surat imbauan kepada penyelenggara minimal berisi dasar hukum dan potensi kerawanan. Ketiga, sampaikan Rekomendasi jika ditemukan dugaan pelanggaran prosedur oleh penyelenggara. Dalam rekomendasi juga perlu dicantumkan perbaikan yang perlu dilakukan.”

Menutup sambutannya, Agisma meminta peranan aktif Ketua Panwascam dalam Tahapan Pemutakhiran Daftar Pemilih.
“Ketua Panwascam agar dapat meluruskan pasukan PKDnya dalam pelaksanaan tugas dan Pelaporan-pelaporan AKP Tahapan Mutarlih yang saat ini tengah berlangsung.” minta Agisma.

Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan bimbingan teknis yang difasilitasi oleh Staf Sekretariat Bawaslu Sidoarjo, Choirul Mustakim dan Mariono.

#BawasluSidoarjo
#AyoAwasiBersama
#Pemilihan2024
#Pilkada2024