Lompat ke isi utama

Berita

PERKUAT KAPASITAS SDM, BAWASLU SIDOARJO GELAR RAPAT TEKNIS PENYUSUNAN LAPORAN HASIL PENGAWASAN PADA JAJARAN PANWASCAM

Rapat kerja Teknis Penyusunan Laporan Hasil Pengawasan

Dalam rangka Pengawasan pelaksanaan tahapan pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2024, Bawaslu Sidoarjo perkuat kapasitas SDM jajaran Panwas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) melalui Rapat Teknis Penyusunan Laporan Hasil Pengawasan yang digelar pada 11-12 Juni 2024 di Hotel Aston Sidoarjo. Peserta rapat kegiatan adalah Komisioner dan staf sekretariat Panwascam dari 18 Kecamatan se-Sidoarjo serta undangan dari Bakesbangpol.

Ketua Bawaslu Sidoarjo, Agung Nugraha, dalam sambutan pembukaan kegiatan menyampaian bahwa Form.A yang memuat hasil pengawasan menjadi alat yang sangat penting bagi jajaran pengawas pemilu.
“ Form. A hasil pengawasan memiliki peran penting dalam pengawasan yang dilakukan oleh Bawaslu. Dari sidang-sidang di Mahkamah Konstitusi tentang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU), Form.A mempengaruhi arah putusan MK baik keputusan untuk Pemungutan Suara Ulang (PSU), Hitung Suara Ulang atau keputusan lain. Oleh karena itu, form.A hasil pengawasan harus disusun dengan baik.” ujar Agung.

Agung menambahkan “Untuk mempelajari ketentuan dan teknis pengawasan, kita hanya memiliki sedikit waktu di bulan Juni hingga pertengahan Juli, maka maksimalkan forum hari ini dan besok yang mengundang narasumber ahli di bidangnya untuk belajar dengan cepat agar lebih mudah ketika turun ke lapangan”.

Dalam penutup sambutannya Agung berharap agar Panwascam existing dan baru dapat saling bekerja sama, bertukar ilmu dan dapat beradaptasi dengan cepat.
“Jadikan tahapan pemutakhiran data pemilih (mutarlih) sebagai titik pembelajaran sebelum memasuki tahapan-tahapan yang lebih sulit”, kata Agung.