Lompat ke isi utama

Berita

RAPAT PERSIAPAN PENDIDIKAN PENGAWASAN PARTISIPATIF DENGAN PENDEKATAN PERSPEKTIF GENDER

#SahabatBawaslu Sehubungan dengan Surat Bawaslu Jawa Timur No.592/PM.05/K.JI/09/2023 perihal Undangan, Bawaslu Kabupaten Sidoarjo dipilih untuk menjadi Tuan Rumah "Rapat Persiapan Pendidikan Pengawasan Partisipatif dengan Pendekatan Perspektif Gender" pada Hari Senin, 2 Oktober 2023. Undangan Bawaslu Jatim ini mengundang 18 Koordinator Divisi Pencegahan dan Partisipasi Masyarakat Bawaslu dari 18 Kabupaten/Kota antara lain Lamongan, Pasuruan, Trenggalek, Probolinggo, Mojokerto, Kota Probolinggo, Malang, Lumajang, Blitar, Bondowoso, Pacitan, Jember, Kota Kediri, Banyuwangi, Magetan, Sumenep, Madiun, dan Pamekasan.

Hadir dalam Rapat ini, Ibu Eka Rahmawati, Koordinator Divisi Pencegahan dan Partisipasi Masyarakat Provinsi Jawa Timur yang meminta perubahan pendekatan dalam upaya meningkatkan partisipasi masyarakat yang sebelumnya berupa seminar, saat ini harus diubah menjadi pendekatan diklat/pendidikan yang menyasar langsung ke komunitas-komunitas di masyarakat. Hal ini diyakini akan mengoptimalkan tingkat partisipasi masyarakat juga menciptakan efek berantai (multiplier effect) sekaligus menciptakan kader-kader maupun fasilitator bawaslu baru yang nantinya akan menjadi ujung tombak dalam mengedukasi masyakat.

Dalam kesempatan kali ini, Ibu Eka Rahmawati mengingatkan bahwa kebiasaan-kebiasaan lama seperti penyelenggaraan acara hanya untuk menghabiskan anggaran sudah tidak diperkenankan. Setiap kegiatan Pencegahan dan Partisipasi masyarakat harus mengeluarkan output yang optimal dan bukan hanya sebagai penggugur kewajiban bahwa program kerja telah dilaksanakan. Selanjutnya Ibu Eka Rahmawati menambahkan bahwa, Bawaslu RI tengah menyiapkan modul terkini terkait pencegahan dan partisipasi masyarakat yang nantinya akan menjadi acuan bagi Bawaslu Seluruh Indonesia.

#AyoAwasiBersama
#PemiluSerentak2024

Tag
Post Bawaslu