Lompat ke isi utama

Berita

TINGKATKAN ATENSI MASYARAKAT DALAM PROSES PEMBENTUKAN PENGAWAS TPS, BAWASLU SIDOARJO GELAR SOSIALISASI DAN TALENT HUNTING PENGAWAS TPS WILAYAH 2

Sosialisasi dan Talent Hunting PTPS Wilayah 2

#SahabatBawaslu Dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat dan atensi publik dalam proses pembentukan PTPS melalui keterlibatan masyarakat dalam mencari talenta atau sumber daya manusia yang berkompeten menjadi Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS), Bawaslu Sidoarjo selenggarakan sosialisasi berbasis kewilayahan. Pada tanggal 10 Desember 2023, dilaksanakan sosialisasi untuk Wilayah 2 bertempat di Hotel Neo+ Sidoarjo dengan peserta terdiri dari Panwaslu Kecamatan, Puskesmas, pihak eksternal kecamatan yang berada di Kecamatan Waru, Krian, Prambon, dan Tarik. Selain itu kegiatan juga mengundang perwakilan dari organisasi kepemudaan dan pemantau pemilu.

Fathur Rohman, Anggota Bawaslu Sidoarjo, dalam sambutan pembukaan menyampaikan kegiatan talent hunting adalah upaya mencari orang-orang yang mempunyai keinginan dan bakat menjadi pengawas TPS serta bergabung menjadi keluarga besar pengawas pemilu. Fathur Rohman berharap talent hunting ini menjadi sejarah baru dalam mencari ujung tombak dalam sistem demokrasi Indonesia dan meminta kepada seluruh peserta agar informasi yang diberikan dalam pertemuan ini dapat diteruskan kepada rekan-rekan di lingkungannya agar partisipasi masyarakat dalam bidang Pemilu semakin tinggi.

Narasumber Pertama, Haidar Munjib, Pegiat Pemilu dan Ketua Bawaslu 2018-2023, menjelaskan Tugas dan Kewenangan PTPS. Haidar Munjib menyampaikan bahwa PTPS memiliki peranan penting dalam menyukseskan pemilihan umum, utamanya memastikan pelaksanaan pemungutan suara sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku. Selain itu, PTPS juga memiliki peranan penting dalam pengawasan kampanye di lingkungannya.

Narasumber Kedua, dr. Danang Abdul Ghani, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo, menyampaikan Arahan Presiden Joko Widodo agar Orientasi kerja di bidang kesehatan sekarang, bukan lagi mengobati orang yang sakit, tetapi diarahkan pada tindakan promotif dan preventif. Berikutnya ia berpesan bagi Pengawas Pemilu agar selalu menjaga kebugaran dengan menerapkan pola hidup sehat (Germas) agar dapat menjalankan tugas dengan baik. Menjaga kebugaran dapat menggunakan metode cerdik CERDIK(Cek Kesehatan Rutin, Enyahkan Asap Rokok, Rajin Aktifitas Fisik, Diet Seimbang, Istirahat Cukup, Kelola Stress)
#AyoAwasiBersama
#PemiluSerentak2024
#BawasluSidoarjo