Lompat ke isi utama

Berita

BAWASLU SIDOARJO IKUTI RAPAT KERJA TEKNIS (RAKERNIS) PENYELESAIAN SENGKETA PROSES PEMILU ANTAR PESERTA DI MAKASSAR [19 OKTOBER 2023]

#SahabatBawaslu Bawaslu Sidoarjo menghadiri Rakernis penyelesaian sengketa proses pemilu antarpeserta dalam menghadapi pemilu tahun 2024 gelombang I yang digelar di Makassar, 16-18 Oktober 2023. Tujuan diadakannya acara ini adalah untuk penguatan pemahaman Tata Cara Penyelesaian Sengketa Proses Pemilu antar-Peserta kepada jajaran Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten/Kota. Hadir perwakilan dari Bawaslu Sidoarjo sekaligus Koordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa, Adinda Masita Dewi, dan Kepala Sub-Bagian PPPSH, Prajna Eka, dalam acara yang dihadiri oleh Anggota Bawaslu, Totok Hariyono.

Dalam sambutannya, Totok Hariyono mengimbau kepada jajaran pengawas pemilu agar menjadikan pemilu sebagai momen untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi serta mempererat ikatan persaudaraan satu dengan lainnya. Selain itu Totok juga menghimbau agar pengadministrasian setiap penyelesaian sengketa agar dilakukan dengan baik. Pengadministrasian ini sangat penting untuk mengantisipasi sekaligus sebagai alat bukti jika nanti terdapat gugatan hasil pemilu di Mahkamah Konstitusi ataupun Mahkamah Agung. Sehingga Bawaslu di Kabupaten/Kota memiliki kewajiban untuk meneruskan informasi dan melatih Pengawas di kecamatan dalam menyelesaikan sengketa-sengketa terkait pemilu.

Berikutnya Totok Hariyono mengingatkan, ke depannya dalam tahapan pemilu yang tengah berjalan akan ditemukan banyak terjadi perbedaan pendapat. Terkait Hal ini, Totok berpesan agar perbedaan pendapat dapat dikelola dengan baik karena jika dibiarkan bisa meluas, menjadi tidak terkendali dan berpotensi menimbulkan perpecahan yang lebih besar.

#AyoAwasiBersama
#PemiluSerentak2024
#PenyelesaianSengketaPemilu
#BawasluSidoarjo

Tag
Post Bawaslu