Lompat ke isi utama

Berita

OPTIMALKAN RUMAH DATA, BAWASLU SIDOARJO LAKUKAN PEMBINAAN BERBASIS KEWILAYAHAN KEPADA PANWASCAM

PEMBINAAN RUMAH DATA BERBASIS KEWILAYAHAN KEPADA PANWASCAM

Pada tanggal 28 s.d. 30 Agustus 2024, Bawaslu Sidoarjo menyelenggarakan kegiatan pembinaan penggunaan rumah data berbasis  kewilayahan. Pada 28 Agustus 2024, kegiatan pembinaan dilakukan di Kantor Panwaslih Kecamatan (Panwascam) Tanggulangin dengan peserta terundang adalah Panwasacam Jabon, Porong, Tulangan, Candi, Sidoarjodan Krembung. Kemudian pada 29 Agustus 2024, kegiatan pembinaan dilakukan di kantor Panwascam  Gedangan dengan peserta terundang adalah Panwascam Tanggulangin, Buduran, Waru, Sedati, Krian dan Taman. Sedangkan pada 30 Agustus 2024, kegiatan pembinaan dilakukan di kantor Panwascam Krian dan dihadiri oleh PanwascamGedangan, Sukodono, Balongbendo, Tarik, Wonoayu dan Prambon.

Moeh. Arief, Anggota Bawaslu Sidoarjo, menyampaikan pembinaan ini merupakan tindak lanjut dari launching rumah data Bawaslu Jawa Timur. “Tujuannya adalah untuk mendokumentasikan produk pengawasan di setiap tingkatan jajaran. Produk pengawasan tersebut berperan penting dalam setiap proses penanganan pelanggaran, dan penyelesaian sengketa. Oleh karena itu, produk pengawasan harus didokumentasikan dengan baik.” Kata Moeh. Arief.

Agung Nugraha, Ketua Bawaslu Sidoarjo, menyampaikan rumah data ini sangat penting karena merupakan sarana penyimpanan data bagi pengawas di berbagai tingkatan mulai dari PTPS, PKD, Panwascam, hingga Bawaslu Kabupaten/Kota se-Jawa Timur. “Kita harus mendukung upaya peningkatan transparansi dan keamanan pengawasan pemilu di Provinsi Jatim”, ucap Agung Nugraha. 

Terkait teknis kegiatan dan unggah dokumen pada Rumah Data, kegiatan dipandu oleh staf sekretariat Bawaslu Sidoarjo.